Tanpa-dotcom.blogspot.com

Cara Flash Handphone Cina

Flash Handphone Cina Dengan mudah


1. Kabel data DKU 5, potong ujung kabel konektor yang ke Hp,kupas dan pisahkan masing-masing kabel isi, biasanya ada 4 warna: hitam putih, hijau dan merah, namun warna tidak mutlak sama, patokannya warna hitam adalah ground dan merah adalah power(abaikan saja merah ini)kalo tidak yakin dgn komposisi kabel,ukur saja dulu pake tester trutama yang ground.

2. Modif masing2 kabel,kec merah. pasang penjepit buaya atau konektor apapun terserah(yg penting mudah dipasang/dilepaskan)diujung masing2 kabel, lapisi isolator agar masing2 penjepit/konektor tidak mudah bersinggungan.

3. Modif selesai,dgn 3 kabel,hitam=ground,putih=Tx daN hijau=Rx,posisi hijau dan putih bisa bertukar tempat sesuai kebutuhan. Selanjutnya instal Driver Prolific lalu colok kabel data modif, pastikan koneksi sukses dan buka device manager lihat dimana kedudukan comport Prolific berada (sy sering merubahnya ke com-2,biar lebih luwes aja)

4. Buka software SPD,connect..dan atur port sesuai com kabel data kita tadi..maka kita sdh siap fight

5. Buka HP target,cari diPWB data PINOUT: RX dan TX,biasanya sdh tertera tuh..kadang ada dibalik LCD,ada juga di bawah stiker merk atau ada juga dibawah keytone,tapii kalo ga nemu juga, apes deh tapi bukan buntung..masih ada cara lain utk dapatkan RX dan TX, karena kalo ground kan tinggal konek ke ground Hp atau (-)conbatt. Utk dapatkan RX dan TX yg tidak tertera di PWB,akan sy bahas nanti, sekarang yg sederhana aja..

6. Sudah nemu RX dan TX-nya?
Potong 2 utas kabel,kira2 sejengkal,solder langsung ke pinout RX dan TX.
Jepit masing2 kabel tsb ke kabel hijau dan putih di kabel data (ingat,posisi ini bisa diubah sesuai kebutuhan),lalu jepitkan kabel hitam pada ground Hp atau (-)conbatt..

7. Back to SPD (com sdh diatur sesuai port kabel data), CONNECT !
en den tekan BOOT..dan tekan Tombol power ON Hp..ini yg paling penting dalam proses perbaikan ini..
BOOT harus sukses! Dimana nantinya data Hp target akan dibaca oleh SPD.
Kalau proses boot gagal atau tdk bereaksi, tukar posisi kabel hijau dan putih,BOOT lagi, ON lagi, sampai disini seharusnya data hp akan terbaca, karena jika tidak, maka ada kemungkinan penyakitnya ada pada Hardware.
Kalau sdh error di hardware, biasanya sy ga mau ambil pusing,ogah ngeblow CPU atau IC Flash,resiko MATOT krn PWB hp china kian hari makin tipis dan ga kuat panas..mending dgn kata em sori plis...balikin aja ke user...

8. Kembali ke Booting tadi, klo sdh sukses, step kedua adalh READ, dan simpan filenya dgn *bin. File ini akan jadi backup yg se-waktu2 sangat dibutuhkan. Step ke-3,klikFORMAT (eiiit..) sblm proses Formatting, ada baiknya kita seting dulu size defaultnya, klik Default Set dan pilih besaran nilai NOR 16M (0Xe00000-0X200000),kotak centang MAnualFormat dikosongkan sj.

9. FORMAT deh tu Hp..klik Format, tekan tombol power ON Hp tahan jangan dilepas sampai proses formatting berjalan kira2 50% baru lepas..kalo format sukses,silakan Diskonek SPD dan lihat hasil pada HP..jreeng..
kalo sdh normal sembuh, ya udah..maw apalagi..uptoyou

10. Kalau Format ga hasil, baru di FLASH pake file backup tadi, biasanya sdh tokcer..atau mau Upgrade silakan cari dan download firmwarenya.

11. Kabel data modif tadi bukan cuma untuk Hp china,tp maknyuz juga utk HP lain dengan cara yg hampir sama, hanya softwarenya yg beda...

kegagalan adalah keberhasilan yg tertunda
SELAMAT MENCOBA

1 comments:

Unknown said...

Mantap bos.. Tapi sayang saya ga punya peralatan yg memadai bos.
:D
Kalo hp bagus sih saya usahain, tapi kalo hp cina mah mending buat nipuk pala anak2 yg suka nyolongin mangga.

Post a Comment