Tanpa-dotcom.blogspot.com

Manfaat Sholat Bagi Kesehatan Tubuh

Tahukah sobat bagi yang menganut agama ISLAM seperti saya bahwa sholat juga menyehatkan tubuh kita tanpa kita sadari.Setiap gerakan saat kita sholat sangant bermanfaat dan kita pun dekat kepada sang kuasa kita yaitu ALLAH S.W.T.



Mari kita lihat manfaat-manfaat tersebut saat kita sholat :
1. Sholat saat berdiri.
Manfaatnya melatoh keseimbangan tubuh kita dan konsentrasi otak kita.

2.Takbiratul ihrah.
Memberikan aliran darah dari pembuluh balik yang terdapat di lengan untuk dialirkan ke bagian otak pengatur keseimbangan tubuh.Membuka mata dan telingga kita sehingga kita terjaga.

3. Rukuk.
Dapat merawat kelenturan tulang belakang yang berisi sumsum beserta aliran darahnya.Demikian pula tulang,leher,,tengkuk dan  saluran saraf.

4. i'tidal ( Bangun dari Rukuk ).
Saat berdiri dari rukuk dengan mengangkat tangan, darah dari kepala akan turun ke bawah sehingga bagian pangkal otak yang mengatur keseimbangan berkurang tekanan darahnya. Hal ini dapat menjaga sistem saraf keseimbangan tubuh dan berguna mencegah terjadinya pingsan secara tiba-tiba.

5. Sujud.
Apabila dilakukan dengan benar dan lama, sujud dapat memaksimalkan aliran darah dan oksigen menuju otak atau kepala, termasuk mata, telinga, leher, pundak dan hati. Cara seperti ini efektif untuk membogkar sumbatan pembuluh darah pada jantung sehingga resiko terkena jantung koroner dapat diminimalisir.

6. Duduk antara dua Sujud.
Cara duduk di antara dua sujud dapat menyeimbangkan sistem kerja elektrik serta saraf keseimbangan tubuh kita. Selain itu, gerakan ini dapat menjaga kelenturan saraf di bagian paha dalam, cekungan lutut, cekungan betis, sampai jari-jari kaki. Kelenturan saraf ini dapat mencegah penyakit prostat, diabetes, sulit buang air kecil dan hernia.

7. Duduk Tasyahud Awal.
Pada saat duduk tasyahud awal, lipatan paha dan betis bertemu. Gerakan ini dapat mengaktifkan kelenjar keringat sehingga dapat mencegah pengapuran dan mengoptimalkan kaki sebagai penopang tubuh kita.

8. Duduk Tasyahud Akhir.
Gerakan ini lebih baik dari gerakan bersila. Berguna untuk membongkar pengapuran pada cekungan kaki kiri agar saraf keseimbangan yang berhubungan dengan saraf mata akan terjaga dengan baik sehingga konsentrasi akan meningkat dan terjaga.

9. Salam.
Gerakan ini dapat menarik urat leher yang bermanfaat untuk menjaga kelenturan urat leher. Pada leher terdapat banyak urat saraf yang sangat penting untuk dijaga, seperti urat saraf paru-paru dan jantung.

Subahanalah Jika kita menjalankan sholat dengan banyak manfaat yang kita dapatkan.Sudah sholat dapat pahala ditambah kita hidup sehat,karena sebetulnya Allah Memberikan yang terbaik bagi umatnya.

2 comments:

farjah said...

Salam, really interesting. I always wanted to learned on how-to write the calligraphy but there is no easy way except the people from the Middle East who is gifted this kind of writing.

Anonymous said...

selain banyak mamfaatnya shalat juga wajib gan

Post a Comment